Ciri Khas Interior Skandinavia yang Banyak Diminati Kalangan Muda

Interior skandinavia menjadi salah satu interior yang sangat diminati saat ini. Ciri khas interior skandinavia ini sendiri sangatlah kental. Kesederhanaan dan keunikannya menjadi salah satu alasan kenapa ada banyak orang yang menyukai konsep interior satu ini.

Sebagaimana namanya, tentu saja konsep interior satu ini banyak digunakan di negara-negara Skadinavia. Julukan ini diberikan untuk negara-negara ini adalah negara yang terletak di wilayah Eropa Utara. Seperti kita ketahui, Eropa sendiri merupakan salah satu wilayah dengan perkembangan arsitektur yang menakjubkan.

Tak heran kalau selera interior negara satu ini menjadi bahan rekomendasi interior dunia. Bicara interior skandinavia ini, ternyata ada beberapa ciri khas yang bisa Anda lihat dengan mudah. Apa saja ciri-ciri tersebut simak penjelasannya di bawah ini.

Dominasi Warna Netral yang Berkarakter Serta Pemilihan Jendela Rumah 

Ciri khas interior Skandinavia yang pertama adalah karakter dominasi warna netral yang sangat kental. Kalau Anda pernah berkunjung ke negara negara skandinavia, hal ini merupakan hal mutlak. Salah satu warna yang paling sering digunakan adalah warna putih. Warna satu ini merupakan salah satu warna yang paling dominan.

Biasanya jenis warna satu ini dikombinasikan dengan berbagai jenis warna yang menarik lainnya. Namun warna yang dipilih adalah warna yang memiliki kesan lembut atau subtle. Contoh warna lain yang seringkali digunakan atau dikombinasikan adalah coklat muda, biru muda, serta berbagai jenis warna pastel.

Selain dominasi warna netral, Ciri khas dari interior skandinavia lainnya jendela rumahnya yang berukuran besar. Jenis rumah satu ini biasanya dihiasi dengan jendela dengan ukuran yang melebihi standar. Soalnya konsep rumah satu ini menjadikan jendela sebagai sumber cahaya.

Karenanya rumah skandinavia termasuk salah satu rumah yang paling hemat listrik. Pencahayaan alami ini sendiri tentu memiliki pengaruh besar dalam hal ini. Tak hanya cahaya saja, sebenarnya jendela yang lebar ini memungkinkan para pemiliknya untuk mendapatkan pertukaran udara secara lancardi rumah.

Identik dengan Elemen Kain

Selain dua poin di atas, Ciri khas interior skandinavialainnya adalah elemen kain yang setia menemani konsep interior satu ini. Hampir seluruh desain interior skandinaviadikombinasikan dengan elemen kain yang sangat kental.Namun kain yang digunakan menambahkan kesan hangat dari konsep rumah itu sendiri.

Biasanya elemen kain di dalamnya juga dikombinasikan dengan elemen kayu alami khas eropa. Namun untuk yang lebih detail, ada juga yang menambahkan kesan hangat di rumah mereka dengan menambahkan gorden, tirai, atau bahkan karpet dengan warna-warna senada.

Cenderung Minimalis dan Fungsional

Dibandingkan dengan konsep interior lainnya, skandinaviacenderung memiliki konsep yang minimalis dan serba fungsional. Soalnya segala sesuatu yang ada pada rumah ini pasti memiliki makna dan manfaatnya masing-masing.

Jadi tak ada benda yang diletakkan di salah satu titik di rumah tanpa alasan. Ini merupakan ciri khas dari interior skandinaviayang tak bisa Anda lewatkan. Jadi perabotan yang dimasukkan tidak hanya dipikirkan mengenai keindahannya saja. Asas fungsional juga harus diterapkan dengan tegas.

Karenanya tak heran kalau barang-barang yang dipilih juga harus bersifat minimalis. Fungsinya memang harus sesuai dengan penempatanannya. Selain memiliki beberapa ciri khas di atas, interior skandinavia juga memiliki konsep alami yang tidak bisa dilewatkan. 

Biasanya pada rumah bergaya satu ini, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam ornamen dengan gaya alami. Salah satu media yang sering digunakan untuk menguatkan ciri khas interior skandinavia ini adalah kayu, pot, serta berbagai furnitur yang menambah kesan alaminya. 

0/5 (0 Reviews)
Open chat